Monday 30 June 2014

Tips Membeli Mobil Bekas (Second hand)



Budget dan model. Budget terkait dengan harga mobil dan biaya yang tersedia, sedangkan model mobil terkait dengan preferensi Anda terhadap merk tertentu. Namun membeli mobil bekas menjadi relatif kompleks karena kita harus mempertimbangan banyak faktor selain 2 faktor diatas. Latar belakang yang mendasari pembelian mobil bekas biasanya adalah dari sisi harga lebih terjangkau. Memang dimanapun, barang bekas tidak akan sempurna namun setidaknya kalaupun ada perbaikan, tidak Anda tidak perlu merogoh kocek lebih dalam lagi. Untuk itu, berikut ini disampaikan beberapa tips praktis dalam membeli mobil bekas (second-hand):

1. Perbandingan Harga. Membeli mobil bekas membutuhkan ‘seni’ tersendiri. Karena harga yang ditawarkan tidak ada yang sama seperti halnya membeli mobil baru, anda harus melakukan perbandingan harga dari satu penjual ke penjual yang lain. Sebagai langkah awal, kunjungi ke portal-portal penjualan mobil (www.mobiljogja.com, www.mobiljakarta.com, dsb) untuk sekedar menentukan standar harga dari merk mobil yang akan anda cari. Sebagai tambahan pemahaman adanya baiknya anda sedikit mengetahui warna mobil untuk keluaran tahun tertentu, sebagai contoh: great corolla tahun ’94 hanya mengeluarkan warna silver metalic, hitam, biru metalic dan merah metalic, tidak mengeluarkan abu-abu tua metalic. Hal ini untuk menghidari ulah para makelar yang ingin memperoleh untung terlalu besar dengan membodohi konsumen yang tidak paham.

2. Body. Setelah anda memegang kisaran harga dari merk mobil yang akan anda cari, mulailah melakukan hunting. Body merupakan elemen pertama yang harus anda cermati, karena bagus-buruknya mobil bekas anda tercermin dari fisik body mobil anda. Dengan status ‘mobil bekas’ bisa dimaklumi bahwa pasti akan terdapat sedikit goresan disana-sini, sejauh bukan body mobil pernah hancur atau terlalu tebal didempul. Cara sederhana untuk mengetahui ‘body kaleng’ atau ‘body dempul’ adalah 1) Membandingkan ketokan pada beberapa tempat di body mobil tersebut. 2) Gunakan serpihan magnet yang dibungkus plastik, tempelkan di satu ujung dangeser pelan-pelan ke ujung yang lain. Kalau pada bagian tertentu tidak menempel maka bisa dipastikan terdapat dempul di daerah tersebut.

3. Mesin. Untuk menentukan mesin masih bagus atau tidak tentunya, perlu waktu lama dan membutuhkan pemahaman khusus tentang mesin. Namun jangan kuatir, andapun bisa melakukannya, dengan menggunakan cara-cara praktis dan sederhana. 1) Amati mesinnya, pastikan mesin dalam keadaan kering. Jangan pernah mentolerir adanya tetesan oli pada mesin. Hal ini berarti anda akan mengeluarkan biaya tidak sedikit untuk memperbaikinya. 2) Cobalah mesin digeber, pastikan tidak ada asap berlebih yang keluar dari knalpot (ngebul). Mekanisme ini untuk memeriksa kondisi seker

4. Perangkat Mekanik Pendukung. Perangkat mekanik pendukung perlu diperiksa, terutama perangkat berbiaya mahal dalam perbaikan. 1) Cobalah kendarai mobil tersebut, cobalah membelokkan steer dalam keadaan diam dan berjalan. Jika dalam keadaan berjalan steer masih terasa berat dibelokkan, maka kemungkinan Power Steering mobil bermasalah. 2) Cobalah menjalankan mobil tersebut pada jalan bergeronjal, rasakan apakah terdengar bunyi ‘kluthuk-kluthuk’ di sekitar posisi roda depan-belakang, kiri-kanan, kalau benar, berarti ada masalah di ball joint atau di kopel mobil anda

5. Electrical. Perangkat electrical yang dimaksud adalah power window dan air conditioner (AC). 1) Periksa fungsi power window satu demi satu naikan/turunkan beberapa kali. Karena pengalaman menunjukan kerusakan lengan power window, seringkali diakali dengan cara-cara sementara oleh si penjual, seperti hanya dikawat. Hal ini menyebabkan fungsi power window tidak bertahan lama. Kerusakan pada salah satu komponen lengan power window harus mengganti seluruh lengan power window. 2) Pemeriksaan kondisi AC, selain pada suhunya juga pada beltnya, apakah masih dalam kondisi bagus atau tidak

6. Ban/Velg. Pemeriksaan Ban dan Velg kadang Anda perlukan untuk memastikan jumlah velg adalah 5 dengan dimensi yang sama. Karena membeli mobil tanpa ban serep, sama saja membeli mobil tanpa ban. Karena pada prakteknya anda tidak dapat membeli satu buah velg baru, dengan jenis dan ukuran sama dengan 4 velg yang sudah ada. Anda harus membeli 5 buah yang baru. Pastikan juga bahwa timbel-timbel balancing tidak terlalu banyak menempel pada velg anda. Untuk lebih meyakinkan coba jalankan mobil pada kecepatan 80 km/jam, apabila muncul goncangan pada setir, berarti anda harus siap-siap untuk kembali menambah pemasangan timbel pada velg anda

7. Interior. Pemeriksaan interior terkait dengan jok, dashboard dan langit-langit. Pilihlan kondisi yang masih original, kalaupun di bungkus cover pastikan kondisi aslinya masih bagus. Rasakan baunya, jika ada bau lembab dan tidak sedap di bagian bawah interior, dimungkinkan bagian bawah mobil sudah keropos.

8. Surat-surat. Pastikan kelengkapan surat-surat kendaraan tersedia. Mintalah pula surat bukti cek fisik dari polres setempat (tempat mobil berasal)

Nah satu lagi neh gan he he ada baiknya bawa montir he he biasanya kan montir lebih ngerti lagi untuk masalah kondisi mobil gan he he  




Perbandingan Solar dan Bensin




Solar Walaupun mesin diesel lebih banyak menghasilkan polutan seperti nitrogen oxides (NOx) dan partikel-partikel kasar lainnya, tetapi Mesin Diesel yang berbahan bakar solar (diesel) lebih sedikit menghasilkan karbon dioksida daripada mesin berbahan bakar bensin (petrol/gasoline). Beberapa mobil keluaran terbaru yang menggunakan mesin diesel telah terpasang penyaring DPF (diesel particulate filter) yang berguna untuk menyaring partikel kasar yang keluar dari hasil pembakaran mesin, dan juga telah menghasilkan karbon dioksida lebih sedikit dari jenis mesin diesel yang lama. Dalam hal ini tentunya Solar lebih tidak ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan bakar Fuel Cells. Semua ahan bakar memiliki tingkat Ramah Lingkungan yang berbeda. Dapat diterangkan perbandingan antara bahan bakar bensin vs bahan bakar diesel/solar seperti tabel di bawah ini. Yang perlu diperhatikan adalah tabel bagian bawah. Perbandingan Mesin dengan Bahan Bakar Bensin dan Solar (dalam kondisi mesin normal) MESIN BENSIN MESIN SOLAR Getaran (Kenyamanan pengendara & penumpang) : Kurang berbau dan bunyi halus. Mesin bensin lebih halus dibandingkan mesin diesel. Hal ini disebabkan karena mesin diesel menggunakan mekanisme kompresi tinggi dalam proses pembakarannya (lebih tinggi dibandingkan mesin bensin). Bau asap dan berisik. Namun secara konstan teknologi mesin diesel semakin canggih dan sanggup membuat mesin diesel modern jauh lebih halus dibandingkan mesin diesel konvensional. 

Pabrikan mobil mewah seperti BMW sekalipun sudah mengembangkan line-up bermesin diesel. Performa : Mesin bensin memiliki Horse Power (Daya Kuda) lebih besar dibandingkan mesin Diesel. Akibatnya pengendara mobil bermesin bensin akan merasakan kelincahan mobilnya. Mesin Diesel memiliki torsi yang lebih besar terutama pada putaran bawah. Pengendara mobil Diesel akan merasakan manfaatnya ketika harus membawa beban berat atau menempuh medan yang ekstrim. Durability/Ketahanan/keawetan : Mesin bensin tidak dikenal sebagai mesin yang bandel dan awet serta tidak bisa bekerja dalam waktu yang lama. Mesin diesel memang terkenal bandel. Bila dirawat dengan benar mesin diesel bisa bekerja lebih lama daripada mesin bensin. Ini juga menjadi salah satu faktor penentu mengapa mesin-mesin industri rata-rata menggunakan teknologi diesel. Efisiensi : Tidak seefisien mesin diesel berbahan bakar solar. Mobil bermesin Diesel dapat dikatakan lebih efisien dari mobil bermesin bensin dengan kapasitas yang sama. Belum lagi bila dihitung perbedaan harga perliter antara bensin (pertamax) dengan solar. Langkah Toyota Indonesia mengeluarkan Kijang Innova versi Diesel, walaupun sedikit lebih mahal) menjadi indikasi strong point teknologi mesin Diesel yang tidak dimiliki mesin Bensin. Beberapa perusahaan mobil lainnya pun juga telah duluan mengeluarkan berbagai versi diesel. BMW mengeluarkan versi diesel pada sedan BMW 520d dan SUV BMW X1. Audi mengeluarkan Audi A3 TDI yang juga dapat menggunakan bahan bakar Biodiesel kelas B5. Keunggulan mesin bensin :
• Mesin bensin mempunyai akselerasi yang lebih cepat dan responsif. 
• Memberikan tenaga yang lebih kuat dan responsif serta lebih halus suaranya dibandingkan dengan mesin bensin. 
• Polusi lebih rendah. 
• Lebih gampang dimengerti spesifikasi teknisnya dibandingkan mesin diesel dalam arti apabila terjadi kerusakan dapat dengan mudah dideteksi. Keunggulan menggunakan mesin diesel : 
• Keunggulan utamanya adalah jelas lebih irit secara ekonomis. Anda akan mempunyai daya jelajah lebih jauh untuk setiap liternya dan yang jelas harga perliternya lebih murah. 
• Bahan bakar diesel tersedia dimana-mana terutama diluar kota dan pertimbangan yang lebih penting adalah bahan bakar diesel kurang berbahaya dibandingkan dengan bensin karena tidak mudah terbakar. 
• Secara umum mesin diesel memberikan torsi rendah yang cukup kuat yang kadang-kadang perlu ada keadaan tertentu pada medan off-road. Superioritas torsi menjadi penting ketika kita akan menarik kendaraan yang rusak atau misalnya menarik kendaraan yang terjebak di medan off-road. 
• Tidak perlu takut saat melintas sungai atau banjir karena tidak ada komponen elektrikal seperti distributor atau kabel busi pada kendaraan diesel. 
Ramah Lingkungan : Menghasilkan lebih banyak Karbon dioksida Polusi rendah Sangat sedikit menghasilkan Karbon Dioksida dan Karbon Monoksida Polusi tinggi, tetapi mesin diesel jaman sekarang yang telah menggunakan catalytic converter (CC) ataupun Diesel Particulate Filter (DPF) akan menghasilkan polusi lebih rendah lagi. SEMUA INI MERUPAKAN SALAH SATU LANGKAH UNTUK MENGURANGI JUMLAH KARBON DIOKSIDA SEBAGAI SALAH SATU PENYEBAB DAMPAK PEMANASAN GLOBAL (GLOBAL WARMING).

Diambil dari tulisan aslinya di http://www.attayaya.net














Isuzu Panther



Isuzu Panther adalah kendaraan Diesel serba guna yang dibuat Isuzu di Indonesia untuk pasar Asia. Dirakit berdasarkan chasis dan model yang hampir mirip dengan Toyota Kijang. Model ini sangat cocok untuk membawa banyak penumpang atau barang. Panther dirancang sesuai dengan kondisi iklim, kondisi jalan, serta cocok dengan budaya setempat yang bersifat kekeluargaan. Mobil sejenis yang mirip dengannya ialah Toyota Kijang dan Mitsubishi Kuda
Sejak tahun 2000 beredar Isuzu Panther generasi ke-3 dengan kode produksi TBR-541, diawali dengan generasi pertama tahun 1991 sampai tahun 1996 dengan kode produksi TBR-52 dan generasi kedua tahun 1996 sampai tahun 2000 dengan kode produksi TBR-54.
Isuzu panther pertama kali dikembangkan di Jepang dengan kode AUV (Asian Utility Vehicle), selain di Indonesia juga diproduksi di Filipina dengan nama Isuzu Crosswind, di Vietnam dengan nama Isuzu Hi-Lander dan di India dengan nama Chevrolet Tavera.

Generasi Isuzu Panther

Generasi Panther dari awal sampai dengan sekarang ada 4 , yaitu:

Panther Generasi Pertama (1991 - 1996)

  • Kapasitas mesin = 2300 cc Indirect injection
  • Jenis Mesin = 4 Silinder 2300cc OHV
  • Kode mesin = c223
  • Kode bodi = TBR 52
Jenisnya: (dari tingkat yang paling tinggi)
  • Hi Grade
  • Royal
  • Total Assy (Deluxe)
  • Standard

Panther Generasi kedua (1996 - 2001)

  • Kapasitas mesin = 2500cc
  • Jenis Mesin = 4 Silinder 2500cc OHV Direct Injection
  • Tenaga Maksiumum = 86dk/3900rpm
  • Kode mesin = 4ja1
  • Kode Body = TBR 54

Jenisnya : (dari tingkat yang paling tinggi)
  • New Hi-grade ( 1997-2001)
  • Hi-grade (1996-1997)
  • Hi sporty (1996-2000)
  • New Royal (1997-2001)
  • Grand Royal (1996-1997)
  • Royal (1996-1998)
  • Deluxe (1996-1998)
  • Standar

Panther generasi 3 / New Panther (2000 - 2004) =

  • Kapasitas mesin = 2500cc
  • Jenis mesin =
    • 4 Silinder 2500cc OHV direct injection
    • 4silinder 2500cc OHV direct injection (Smart, LM, LV, LS)
  • Turbo Diesel (Touring)
  • Tenaga maksimum = 86dk/3900rpm
  • Kode body = TBR541
  • Kode mesin = 4ja1
Jenisnya : (dari tingkat yang paling tinggi)
  • Grand Touring
  • Touring
  • LS
  • LV
  • LM (smart)

Panther generasi 4 (Facelift)

Semua hampir sama dengan New Panther, namun Isuzu melakukan pembenahan pada desain lampu, grill, serta interior, dan juga versi lain selain Touring (LS) pun telah diberi turbo guna memenuhi standar EURO.
Jenisnya :
  • Grand Touring
  • Touring
  • LS Turbo
  • LV
  • LV FF
  • Smart
  • Smart FF

Mobil Isuzu Phanter
Produsen Isuzu Motors
Juga disebut Isuzu Crosswind (Filipina)
Isuzu Hi-Lander (Vietnam)
Masa dalam produksi 1984-sekarang
Perakitan Indonesia
Kelas MPV
Bentuk kerangka 5 pintu MPV
Mesin 2.5 L 4JA-1 injeksi langsung Diesel Normally Aspirated atau dengan Low Charge Turbocharger 81hp atau 85hp
Transmisi 5-kecepatan Manual (MSG5K) & 4-kecepatan Otomatis (AW03-72LE)
Jarak sumbu roda 2.680 mm
Panjang 4.692 mm
Lebar 1.771 mm
Tinggi 1.873 mm
Berat kosong 2.170 kg (4,784 lb)
Kapasitas bahan bakar 55 litre (14.5 US gal; 12.1 gal imp)
Mobil terkait Chevrolet Tavera Toyota Kijang
Desainer Daniel Theodore


Berikut gambarnya Gan he  he


 Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Isuzu_Panther.com